Soto Daging P. Markeso, Soto Gerobak Legendaris di Malang

Ada banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner di Kota Malang. Baik yang terkenal maupun gak ada yang kenal, baik tempatnya gede maupun cuma lesehan pinggir jalan, baik buka dari jaman tahun gak enak maupun yang baru aja buka tapi tunggu tahun depan. Kali ini saya bakal ngasih referensi nih buat kamu yang tinggal atau yang lagi singgah di Malang, terutama yang lagi bingung pengen makan apa hari ini atau mau sekedar wisata kuliner. Adalah "Soto Daging Pak Markeso" *aplause.

Seperti namanya, yang dijual pak markeso itu soto daging. Jadi kalo kamu mau nyari soto ayam caranya kamu tangkap ayam sendiri di deket kamu lalu kamu kasih ke pak markeso bisa gak dia masakin ayam buat dijadiin soto ayam. kalo gak bisa, apalagi udah terlanjur ditangkep yaudah kasih ke KFC aja, terus minta KFC bikinkan soto ayam. Oke kembali ke kipot, eh topik maksudnya, Soto daging yang dijual itu termasuk "soto duro", artinya soto khas Madura (boso inggris'e madura iku yo meduro/duro) dengan taste dan selera khas "meduro ta'iyeh". Kebetulan tadi pas pulang ngampus di UB sama temen dikasih referensi soto daging, karena penasaran belum pernah kesana akhirnya berangkatlah kita.

Oke langsung aja apalagi yang baca udah pada ngiler, tempat gerobak Soto Dagingnya Pak Markeso ini berada di Jl. Sindoro. Gak jauh dari Jalan Ijen kok. Buat yang gak tau arahnya langsung cekidot :




























Kalau kamu dari UB, atau UM, ITN, Matos, pokoknya dari daerah Sumbersari, kamu lewatin Jalan Bandung dulu ke arah timur, kemudian sampai di bundaran perempatan belok kanan masuk Jalan Terusan Ijen. Lurus masuk aja sampai ketemu jalan dua jalur Jalan Besar Ijen, kemudian lurus sebelum mentok di pertigaan lampu merah, ada jalan di sebelah kiri dan itulah Jalan Sindoro, tempat mangkalnya Pak Markeso bertempur melawan penjajah, eh, jual soto daging. Atau dari pertigaan Jalan Kawi dan Jalan Kawi Atas (terutama dari MOG), cukup masuk Jalan Besar Ijen aja kemudian belok turning area pertama sebelah kanan dan lurusnya langsung Jl. Sindoro.

Menurut yang nulis cerita ini sih, berhubung saya gak tau mana makanan enak atau gak enak jadi ya sama aja :D jadi tergantung selera masing-masing. Kalo kurang asin ya tinggal kasih garam. Kalo kurang asem ya cari pohon asem terdekat sendiri. Koya nya juga ada, ada telor asin, buat kerupuk lovers juga gak usah takut pasti ada kerupuk, kalo belum habis. Bahkan disediakan Aq*a juga.

Karena saya orangnya kepoan, tak tanya sama Pak Markeso tadi, udah berapa lama jualan disini pak? Jawabnya, wah udah dari tahun gak wenak mas. Udah lebih dari 50 tahun saya jualan di tempat ini. Udah lama kan? Mama sama bapak kamu udah lahir belom tuh? Bahkan mungkin dari jaman orang Belanda masih stay disitu makan soto dagingnya pak markeso itu ya tempatnya disitu-situ aja, dengan gerobaknya. Karena tempatnya di sekitar perumahan eks Belanda, Idjen Boulevard, jadi suasananya teduh banget kalo berteduh di bawah pohon. Tak jarang orang keturunan IT alias Indonesia-Tiongkok (Cina) yang makan disitu. Bahkan ada seorang Cina juga yang dateng bawa Subaru Impreza sedan warna putih makan disitu sekaligus bungkus bawa pulang ke rumah. Ya dagingnya lah, masa gerobaknya, atau pak markeso nya.

Soal harga? Katanya kalau soto daging semangkok + aq*a cuma 9 ribu doang. Kebetulan tadi saya beli soto campur+koya banyak+telor asin+garam+jeruk+sambel pedes+kerupuk+aq*a+mangkoknya,cuma 12 ribu doang. Hebat kan murahnya?

Jadi pantaslah dibilang Soto Daging Pak Markeso itu soto daging legendaris di Kota Malang.


Soto daging campur pak Markeso+Kerupuk, source Foursquare






















Suasana Soto daging pak markeso yang gue foto sendiri tadi.

















Update 2015

Harga soto mengalami kenaikan sebesar Rp 1.000,-

Update 2017

Per 26 Februari 2017, harga soto campur+koya banyak+telor asin+sambel pedes+kerupuk+aq*a+mangkoknya mencapai Rp 15.000,-.
 

Kalo diperhatikan secara seksama dan bukan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja, ini berarti soto daging P. Markeso mengalami kenaikan sebesar Rp 1.000,- per tahun. Terhitung sejak tahun 2014 seharga Rp 12.000,- hingga kini tahun 2017 seharga Rp 15.000,-.
Hmmm... nggak kebayang ntar harga sotonya di masa depan berapa ya, tahun 2020, atau 10 tahun, 20 tahun, atau 100 tahun mendatang......hehehe.

Update 2019

Saat kemari per 22 September 2019, harga soto campur+koya banyak+telor asin+sambel pedes+kerupuk+aq*a+mangkoknya mencapai Rp 20.000,-!!! Monggo komentarnya slur...

Soto Campur lengkap kemarin 2017.

Update akhir tahun 2020

Saya kemari lagi pada tanggal 31 Desember 2020 alias tepat sehari sebelum pergantian tahun baru 2021. Dengan menu komplit (seperti biasa ya 😄) harganya masih di sekitar Rp 20.000. Mungkin tahun depan (2021, red) harga naik sebanyak seribu rupiah.

Saat saya tiba jam menunjukkan sekitar pukul 10.30, ternyata bapak/bu Markeso masih menjajakan sotonya. Suasana saat datang agak sepi. Kontras bila dibandingkan hari biasanya yang ramai, yang biasanya pada pukul 09.00 pagi sudah habis. Pantas sesiang ini masih jual sotonya. Duh era pandemi COVID-19 ini sungguh berbeda. Corona oh covid..

Soto komplit saat makan di akhir 2020. Telur asin, kerupuk dan a*ua nya menyusul hehe.

Update 1 Oktober 2021

Saat saya kembali ke sana, seperti biasa pesan menu komplit seperti minta koya dan sambal yang banyak, kerupuk, telor asin, Aq*a, plus mangkoknya, saat ini menjadi sekitar Rp 21.000,-

Tampilan soto P. Markeso komplit tahun 2021.

Update 2023

Akhirnya saya menyempatkan diri kesana lagi pada 23 September 2023. Seperti biasa, saya memesan nasi soto daging lengkap dengan kerupuk, jeruk, koya, telur asin dan air mineral gelas tercatat seharga Rp 25.000,-. Signifikan betul!

Soto Daging Pak Markeso di Tahun 2023





Buka di Google Maps

check in di Foursquare 

Jangan lupa untuk berikan komentar tentang soto dagingnya pak markeso ini. Sampai ketemu di postingan saya selanjutnya. See yaa bye....



Komentar

My Popular Post

Free Wi-Fi di McDonald's Dinoyo Malang

Yogyakarta-Malang with KA Malioboro Ekspres (Trip Review)

Tips Membuat Kue Bola-bola Keju Coklat | Mudah

Tukang Sol Sepatu Tua di Perempatan ITN Malang

Basa Jawa Kasar (Very-low Javanese Language)

Beragam Situs Peninggalan Sejarah di Malang Raya

Blusukan Candi-candi di Sleman (Part 2)