Kelas Afirmatif SMA Negeri 3 Kota Sorong

 Postingan milik : Alam Syam

 Disadur dan di posting ulang oleh : Rian Prio Bramantio

kelas afermatif SMA NEGERI 3 MODEL KOTA SORONG

Sabtu, 25 Februari 2012
Diposkan oleh Alam Syam
Saya bersekolah di SMA NEGERI 3 MODEL KOTA SORONG. Dimana sekolah ini adalah sekolah yang terbaik di Kota Sorong. Disini terdapat kelas afermatif dan siswa-siswi yang duduk di kelas itu wajib mengikuti jam tambahan yang di laksanakan pada pukul 16.00 WIT. Hal ini membuat banyak siswa-siswi yang setuju dan tak sedikit pula yang tidak setuju. Saya dan beberapa temanku telah berhsi mewawancarai 2 siswa yang duduk dikelas afermatif. berikut hasil wawancara kami:
IDENTITAS NARASUMBER
1.          Nama                                      : Rian Prio Bramantio
Tempat, tanggal lahir            : Probolinggo, 5 September 1995
Alamat                                   : Jln. Pendidikan km 8, Sorong, Papua Barat
Agama                                    : Islam
Jenis Kelamin                           : Laki-Laki
No. HP                                    : 085796421011
Sekolah                                   : SMA NEGERI 3 MODEL KOTA SORONG
Duduk di kelas                       : XI IPA 4
2.    Nama                                      : Sastika Herdiyanti Rifultono Doom
Tempat, tanggal lahir            : Sorong, 11 Juli 1996
Alamat                                   : Jln. Basuki Rahmat km 13
Agama                                    : Islam
Jenis Kelamin                           : Perempuan
No. HP                                    : 085244712433
Sekolah                                   : SMA N 3 MODEL KOTA SORONG
Duduk di kelas                       : XA
 
WAKTU DAN TEMPAT
3.       Narasumber                     : Rian Prio Bramantio
Waktu                              : Senin, 13 Februari 2012. Pukul 10.15 WIT
Tempat                             : Samping laboratorium komputer (belakang kelas XI IPA 4)
4.       Nama                               : Sastika Herdiyanti Rifultono D
Waktu                              : Sabtu, 18 Februari 2012. Pukul 11.30 WIT
Tempat                             : Di kelas XD
PEMBAHASAN
Narasumber 1
Penanya         : Menurut Anda, apa itu kelas afirmatif ?
Narasumber   : Kelas afirmatif adalah kelas biasa tetapi diberi penguatan beban  
belajar dengan mata pelajaran tertentu seperti MIPA dan TIK.
Penanya         : Dengan pemberlakuan kelas afirmatif terhadap kelas Anda, apakah hal  ini menganggu kegiatan diluar jam sekolah Anda ?
Narasumber   :  Tidak.
Penanya         :  Menurut Anda, pemberlakuan peraturan ini efektif ataukah tidak ?
Narasumber   :  Saya rasa efektif.
Penanya         : Berhubungan  dengan  waktu  pelaksanaannya, apakah  menurut Anda lebih baik dilaksanakan langsung setelah berakhirnya jam sekolah atau diizinkan pulang terlebih dahulu ?
Narasumber   : Lebih baik pulang terlebih dahulu. kita kan  pastinya bisa istirahat dulu, biar pikiran lebih fresh gitu baru bisa melanjutkan kegiatan.
Penanya         : Apa harapan dan tanggapan Anda mengenai pemberlakuan kelas afirmatif setelah Anda jalani selama seminggu ini ?
Narasumber   : Menurut saya, selama ini kelas afirmatif yang telah dijalani ini cukup bagus. Tapi alangkah lebih baiknya motivasi siswa lebih ditingkatkan lagi agar siswa tetap termotivasi untuk belajar lebih maju dan SMA N 3 juga bisa lebih maju.
Narasumber 2
Penanya         : Menurut Anda, apa itu kelas afirmatif ?
Jawab             : Menurut saya kelas Afirmatif itu adalah salah satu kelas khusus dimana tujuannya untuk mengumpulkan siswa-siswi untuk bersaing dengan siswa-siswi lainnya yang awalnya adalah kelas biasa saja tiba-tibanya mungkin nilainya tinggi di atas standar itu dikumpulkan dalam suatu kelas agar bersaing dan memperoleh nilai yang tertinggi.
Penanya         : Dengan pemberlakuan kelas afirmatif terhadap kelas Anda, apakah hal  ini menganggu kegiatan diluar jam sekolah Anda ?
Jawab             : Sangat mengganggu kalo menurut saya, Karena kegiatan kami yang mungkin dulunya sedikit kini bertambah banyak, padat dan mengganggu aktivitas kami yang lain.
Penanya         : Lantas, kebijakan apa yang telah Anda ambil dalam menanggulangi kegiatan sore Anda ?
Jawab             : Menurut saya, saya harus pintar-pintar membagi waktu, dimana  waktu untuk belajar, waktu untuk aktivitas di sekolah maupun di luar sekolah.
Penanya         :  Menurut Anda, pemberlakuan peraturan ini efektif ataukah tidak ?
Jawab             : Menurut saya, menurut siswa-siswa ini tidak efektif karena mengganggu  aktivitas mereka. Tapi kalau menurut sekolah dan guru-guru hal ini sangat efektif karena bisa memajukan nama sekolah.
Penanya         : Berhubungan  dengan  waktu  pelaksanaannya, apakah  menurut Anda lebih baik dilaksanakan langsung setelah berakhirnya jam sekolah atau diizinkan pulang terlebih dahulu ?
Jawab             : Menurut saya, lebih baik setelah pulang sekolah lalu dilanjutkan dengan kegiatan seperti ini karena seandainya pulang dulu terus kita balik lagi itu bisa mengurangi tenaga kita sebagai siswa-siswa dan otomatis belajar mengajar menjadi terganggu.
Penanya         : Apa harapan dan tanggapan Anda mengenai pemberlakuan kelas afirmatif setelah Anda jalani selama seminggu ini ?
Jawab             : Harapan saya, perlu kebijakan dari guru-guru karena perlu juga mengerti kami sebagai siswa karena tidak selamanya siswa itu kegiatannya hanya untuk di sekolah saja. Mereka juga mempunyai kegiatan di luar sekolah yang harus mereka jalankan bukan hanya fokus untuk sekolah saja. Dan saya mewakili teman-teman saya meminta kebijakan dari pihak sekolah seperti itu saja.
KELAS AFIRMATIF
Kelas Afirmatif adalah kelas khusus dimana tujuannya untuk mengumpulkan siswa-siswi untuk bersaing satu sama lain. Kelas ini diberi penguatan beban belajar dengan mata pelajaran tertentu seperti MIPA dan TIK. Pemberlakuan kelas afermatif ini membuat beberapa siswa-siswi merasa terganggu dan tidak terganggu. Seperti yang diungkapkan oleh saudari Sastika Herdiyanti Rifultono D “Sangat mengganggu kalo menurut saya, Karena kegiatan kami yang mungkin dulunya sedikit kini bertambah banyak, padat dan mengganggu aktivitas kami yang lain.” Tetapi pendapatnya bertolak belakang dengan pendapat saudara Rian Prio Bramantio. Dalam pelaksanaan kelas afermatif ini banyak siswa-siswa yang beranggapan bahwa pelaksanaanya tidak efektif karena mengganggu  aktivitas mereka. Namun menurut sekolah dan guru-guru hal ini sangat efektif karena bisa memajukan nama sekolah. Selain itu mengenai waktu pelaksanaannya banyak juga siswa-siswi yang berpendapat bahwa pelaksanaan lebih baik di laksanakan sesudah pulang sekolah tapi tak sedikt pula yang mengatakan bahwa pelaksanaannya lebih baik kita pulang dulu supaya otak kita bisa fresh kembali. Dari salah satu narasumber yang kita bernama Rian Prio Bramantio, mengatakan bahwa “Menurut saya, selama ini kelas afirmatif yang telah dijalani ini cukup bagus. Tapi alangkah lebih baiknya motivasi siswa lebih ditingkatkan lagi agar siswa tetap termotivasi untuk belajar lebih maju dan SMA N 3 juga bisa lebih maju.” Disamping itu, Sastika Herdiyanti Rifultono Doom berharap adanya kebijakan dari guru-guru karena tidak selamanya siswa itu kegiatannya hanya untuk di sekolah saja. Seperti yang ia ungkapkan saat kami temui “Harapan saya, perlu kebijakan dari guru-guru karena perlu juga mengerti kami sebagai siswa karena tidak selamanya siswa itu kegiatannya hanya untuk di sekolah saja. Mereka juga mempunyai kegiatan di luar sekolah yang harus mereka jalankan bukan hanya fokus untuk sekolah saja. Dan saya mewakili teman-teman saya meminta kebijakan dari pihak sekolah seperti itu saja.” Ungkapnya.

narasumber 1 Rian Prio B (laki-laki pakai putih abu-abu)
narasumber 2  Sastika Herdiyanti (menggunakan jilbab)
Sekian hasil wawancara kami. Jika ada salah kata mohon dimaafkan dan kesalahan yang lain karena saya blogger pemula.
"jika ada jarum yang patah jangan simpan dalam laci, jika ada salah kata janganlah simpan didalam hati."
"burung irian burung cendrawasih, cukup sekian dan terima kasih"
**** 

Special thanks for who makes and writes this. I really appreciate it. Great team :)
Rian Prio Bramantio

Komentar

My Popular Post

Free Wi-Fi di McDonald's Dinoyo Malang

Yogyakarta-Malang with KA Malioboro Ekspres (Trip Review)

Tips Membuat Kue Bola-bola Keju Coklat | Mudah

Tukang Sol Sepatu Tua di Perempatan ITN Malang

Basa Jawa Kasar (Very-low Javanese Language)

Beragam Situs Peninggalan Sejarah di Malang Raya

Blusukan Candi-candi di Sleman (Part 2)