Kisah Sederhana namun Bermanfaat

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


"Pagi-pagi hujan lagi. Akhir-akhir ini hujan seringkali turun, terutama malam hari dan pagi hari. Hal itu jarang sekali terjadi. Kenapa sih harus hujan? Mau keluar nyari sarapan jadinya gak bisa deh!"




Semalem susah banget saya buat tidur. Insomn lagi, penyakit ini kambuh lagi dan rasanya sengsara banget. Sudah bolak-balikin badan, pindah posisi, nutup muka pake bantal, matiin tv, matiin laptop, matiin lampu, nyalain kipas, tetep aja gak bisa tidur. Sementara temen saya yang tidur di kamarku dengan nyenyaknya bobo' seperti lagi di dunia khayangan bertemu bidadari. Positifnya, dia gak ngorok jadi kalo bobo' sama dia saya slalu tenang. Btw no problem, saya tidur di ranjang yang berbeda, ntar muncul isu gue homo lagi ama dia. Ngenes banget kayak gak ada cewek cantik aja di dunia, hehe.

Masih belum bisa tidur. Bertahan jadi satu-satunya jalan yang tersisa. Udah ngusahain buat tidur masih gak bisa, apalagi ditambah flu badan gak enak, ditambah sariawan. Sehabis subuh, saya naik ke atas genteng kosan. Bukan! Saya cuma mau lanjutin gambar sketsa panorama saya. Bukan mau bunuh diri lompat dari atas genteng. -_- Gak lama gue di atas, tiba-tiba hujan turun. Alhasil membuat gue turun lagi kembali ke kamar. Hujan itu identik dengan susah move on. Buktinya sukses bikin gue masuk lagi ke dalam kamar tercinta.

Well, poin bertambah untuk kegalauan saya. Mau keluar nyari sarapan pun gak bisa karena hujan. Belum tentu penjual makanan favorit gue gak buka pas lagi hujan karena galau atau mager juga.

Abis nyetor pakaian kotor ke laundry-an sebelah selagi inget, ada penjual susu segar lewat. Pengen banget -,- karena baru kali ini saya liat penjal susu segar lewat sini. Sebelumnya saya gak tau. Mungkin dia sering kesini tapi dengan jurus mengendap ala ninja...emm ninja apa ya,, ninja kura-kura..ninja hattori..ninja nugget. *apaan itu gajelas -_-

Karena penasaran pesenlah saya seliter. Gak lupa juga saya ngobrol sama om penjual susu segarnya karena saya orangnya kepo tingkat dewa. Tapi gak saya sebutin semua isi pembicaraan saya sama om itu laah. Intinya susu segar itu berasal dari Pujon. Ia keliling menjual susu segar itu ke kota setelah turun dari Pujon. Akhirnya, pagi ini gue dapat seliter susu sapi segar. Apalagi udah lama banget gue gak ngerasain minum susu segar.

Udah yah basa basinya, sekarang lanjut ceritanya...

Begitu gerimis udah reda, langsung saya keluar nyari sarapan. Kemana lagi coba, kalo bukan ke PECEL langganan. Ini pecel mujarab banget bagi saya. Biar gue sehat, sakit, stress, depresi, bahkan galau pun pecel ini slalu nyembuhin bagai obat dari dokter. Mungkin penjualnya niupin berkah dan segenap cinta sepenuh hati ke setiap makanannya.

Disamping saya ada seorang pengemis perempuan tua. Mungkin ia sering menetap di daerah ini. Ia terlihat sangat memelas gitu. Ia berada di sebelah seorang lelaki yang lagi makan pecel. Tak mendapatkan apa yang dia inginkan, perempuan tua itu pun menuju ke ibu penjual pecel. Lalu ibu penjual pecel itu memberi dua gelas aq*a ke perempuan tua itu. Lantas ia pergi. Tapi ada hal yang menarik perhatian saya. Lelaki yang kebetulan duduk makan pecel dekat perempuan tua tadi itu seolah ingin mengambil sesuatu dari kantong belanjaan yang ia taruh di bawah kursinya. Setelah mendapatkan apa yang ia cari, ia seperti mencari-cari wanita tua yang tadi berada dekat dengannya. Tapi apa daya, wanita tua itu sudah pergi. Ia terdiam sejenak sebelum melanjutkan makannya.

Sangat disayangkan. Dimana lelaki itu ingin memberi rejeki ke perempuan tua itu, justru malah pergi. Sehabis bayar makan pecel dan merasa puas, saya kembali jalan pulang dengan puas akan pecel nikmat tadi dan perasaan penuh syukur.

***

Nah, apa yang sebenarnya terjadi pagi ini?

Saya berpikir banyak tentang apa yang terjadi pagi ini. Hujan yang turun di pagi hari memang nyebelin banget, membuat galau sampai level 100. Tapi bukan berarti kita gak bisa ngelakuin apa-apa kan? Awalnya saya menggerutu karena tiba-tiba hujan turun, saya yang lagi asyik gambar sketsa panorama terpaksa ditunda lagi, apalagi sebelumnya galau kara-gara insomnia plus gak enak badan. Udah gitu gak bisa keluar nyari sarapan favorit, dan sekalian cuci mata di pagi hari. (Ups kalo yang terakhir abaikan aja). Semua rencana jadi kacau. Rasanya nyesek, bro and sis. Tapi ada satu hal yang gak kalian sadari waktu itu.

Kadang kita berpikir, kenapa sih harus hujan di pagi hari? Jarang banget pagi-pagi hujan, bikin aktivitas terhambat. Atau kita menyalahkan hujan sehingga kita malas ngelakukan sesuatu di luar dan mager di dalam kamar lantas tidur. Kita semua pasti banyak yang menyalahkan hujan saat akan/akibat dari melakukan sesuatu. Gak terkecuali saya, seperti cerita di atas. Alih-alih menggerutu hujan jadi tidak bisa keluar melakukan aktivitas, justru saya dapat susu segar. Alhamdulillah berkah, lumayan kan?

Masih ingat cerita diatas tentang lelaki yang duduk di sebelah wanita tua waktu gue makan pecel? Lelaki itu sebenarnya adalah saya sendiri. Iyup. Kenapa bisa? Jadi gini, waktu itu saya sempetin belanja kebutuhan, lalu nyempetin sarapan pecel langganan. Saya emang duduk deket sama perempuan tua itu. Dalam benak saya, pengen banget ngasih beberapa uang receh kembalian dari belanja tadi. Tapi sayang wanita tua itu pergi.

Bayangkan, ibu penjual pecel aja ikhlas ngasih dua gelas aq*a buat perempuan tua itu. Padahal belum tentu loh ibu penjual pecel itu termasuk orang mampu juga. Lantas kita? Didatangi pengemis atau pengamen aja kita sudah berkeluh, "Duh ngapain sih itu pengemis pake dateng segala, mengganggu banget". Pernahkah kalian membayangkan, kalau si pengemis itu membatin begini, "Duh punya rejeki buat makan aja bisa, kok gak mau disedekahkan sih, pelit amat". Terkadang kita mau menyedekahkan sedikit uang yang kita punya aja berat banget. Beli makan aja gampang keluar duit. Bahkan beli barang yang tidak begitu penting aja terbeli. Masa, mau ngeluarin dompet bahkan ngerogoh saku buat ambil sedikit uang kita ke pengemis aja berat banget?

Ini bisa menjadi pelajaran kecil buat kita yang biasanya berat untuk buka dompet dan ngerogoh saku buat ngasih sedikit uang buat pengemis. Kadang pake ngeluh-ngeluh pula kita. Hal ini wajar kok buat kita. Tapi setidaknya kita bisa kok ubah mindset kita mulai sekarang.

Nah, waktu saya mau ngasih uang buat pengemis perempuan tua itu tapi orangnya udah pergi, untungnya pas perjalanan pulang sehabis makan pecel, kebetulan ketemu lagi sama perempuan tua itu. Jadi bisa saya salurkan sedekahnya buat perempuan tua itu. Dia berucap "maturnuwun" yang dalam bahasa jawa artinya "terima kasih", saya jawab, sama-sama walau dalam hati. Alhamdulillah, double berkah pagi ini. Pertama dapat susu segar, kedua nikmat makan pecel, ketiga bisa nyedekahin uang kita buat seorang pengemis, triple deh.

Itu sebagian cerita kecil saya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua yang membacanya kemudian bisa direnungkan dalam hati kita masing-masing. Dari tulisan ini sepatutnya kita ambil sisi positifnya, bahwa dibalik turunnya hujan sesungguhnya banyak berkah yang bisa kita dapatkan, bagaimana kita menyikapinya. Jadi, buang segala pemikiran buruk kita, mulailah melakukan hal yang baik bagi diri dan orang lain di sekitar kita. Thank you.


Komentar

My Popular Post

Free Wi-Fi di McDonald's Dinoyo Malang

Yogyakarta-Malang with KA Malioboro Ekspres (Trip Review)

Tips Membuat Kue Bola-bola Keju Coklat | Mudah

Tukang Sol Sepatu Tua di Perempatan ITN Malang

Basa Jawa Kasar (Very-low Javanese Language)

Beragam Situs Peninggalan Sejarah di Malang Raya

Blusukan Candi-candi di Sleman (Part 2)