Rencana Pembentukan Ikatan Alumni Smanti Sorong Regional Jawa Timur

Assalamu'alaikum wr.wb. & selamat malam. Sesuai agenda yang telah direncanakan sebelumnya, berikut merupakan laporan hasil rapat yang dilaksanakan dari region Jatim.

PENDAHULUAN

Awal mula usul ini muncul mengingat di wilayah Jawa Timur terdapat cukup banyak alumni-alumni Smanti Sorong, namun belum memiliki sebuah ikatan yang menyatukan para alumni baik secara langsung maupun terstruktur di wilayah tersebut. Tujuan dari dibuatnya ikatan ini yaitu untuk mempermudah akses komunikasi dan silaturahmi dalam tiap kota dalam satu regional/provinsi.

Berdasarkan pencarian sementara, hasilnya terdapat beberapa orang alumni di wilayah Jatim dengan rincian sbb :
Malang :12 orang; 5 orang angkatan 2012, 4 orang angkatan 2013, dan 3 orang angkatan 2014
Surabaya : 9 orang; 1 orang angkatan 2013, dan 8 orang angkatan 2014, dan
Jember : 1 orang (angkatan 2014)
Tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan semakin bertambah.

Maka berdasarkan usulan di grup line, akhirnya diputuskanlah untuk diadakan rapat pertama dengan :

tempat : Kedai Assalamu'alaikum depan UMM, Malang
hari/tgl : Minggu, 8 Maret 2015
pukul : 16.00-selesai
perihal : rencana pembentukan ketua dan kepengurusan ikatan alumni smanti regional Jatim serta usulan proker dan penunjukan caketum regional Jatim.


Hasil Rapat

Rapat dilaksanakan langsung di kedai Assalamu'alaikum. Bagi yang berhalangan hadir dapat berpartisipasi mengikuti rapat secara online. Adapun hasil rapat ialah sbb :

A. Tata Cara Pemilihan Calon Ketua Umum
Adapun usulan, waktu pemilihan setiap region dilakukan tidak secara serentak. Dengan kata lain, pemilihan caketum dilakukan di setiap region dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda. Adapun alasannya ialah, jika diadakan serentak/keseluruhan region maka disinyalir akan terjadi kesulitan mendapatkan suara secara keseluruhan. Sebelum dilakukan pemilihan caketum, setiap region mendata anggotanya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak sesuai seperti kecurangan atau golput dari setiap region. Contohnya, region Jatim berjumlah 22 orang. Namun yang menjadi member region Jatim hanya berjumlah 17 orang. 5 orang tidak terdaftar karena tidak berminat dengan ikatan alumni atau memiliki alasan lain. Jadi, suara sah yang dapat dihitung berjumlah 17.

B. Pembahasan Usulan maupun Revisi Proker
1. Uang Kas Region dan Uang Kas Pusat (Tabungan Alumnus)
Berdasarkan usulan, tabungan alumnus dibuatkan 2 rekening. Yaitu rek. pusat dan rek. region. Untuk no.rek pusat hanya dipegang/diketahui oleh bendahara region. Setiap anggota region Jatim hanya menyetorkan uang kas ke no.rek region. Kemudian bendahara yang menyetorkan uang anggota region Jatim ke no.rek pusat. Sebagai contoh, uang kas pusat sebesar Rp 20.000, dan uang kas region Rp 5.000. Maka setiap anggota cukup menyetorkan sejumlah Rp 25.000 ke bendahara melalui rek. region saja. Kemudian bendahara yang menyetorkan kas pusat dari region ke rek pusat. Jadi anggota tidak perlu menyetor uang kas pusat ke rek. pusat.

2. Sosialisasi Alumni SMAN 3 Sorong dan Temu Kangen Akbar saat Munas
Pembahasan Sosialisasi alumni ke SMAN 3 Sorong dan pelaksanaan temu kangen akbar pada saat munas forum menyetujui berdasarkan proker yang ada.

C. Pemilihan Calon Ketua Umum dari Regional
Berdasarkan hasil rapat, tidak ada yang dicalonkan maupun yang mencalonkan diri menjadi caketum dari region Jatim.

D. Pemilihan Calon Ketua Region dan Kepengurusannya
Pemilihan ketua region dilakukan dengan cara voting yang dilakukan oleh seluruh anggota region Jatim. Setiap anggota mengusung nama calon ketua region pilihannya disertai dengan alasan. Suara terbanyak akan terpilih menjadi ketua region. Kemudian untuk wakil ketua, bendahara, dan sekretaris dapat dipilih oleh ketua region terpilih, dan anggota forum dapat mengajukan nama-nama untuk mengisi kepengurusan tersebut. Hasilnya : 20 suara memilih Tasya Antareza Pritadevi Soepari (2014), dan 2 suara memilih Grace Jeanette Ayu Paramitha (2013). Nantinya struktur kepengurusan lainnya akan dibahas sesuai dengan kebutuhan dalam region Jatim.

Demikanlah hasil rapat region Jawa Timur. Sekian dan terimakasih. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Komentar

My Popular Post

Free Wi-Fi di McDonald's Dinoyo Malang

Yogyakarta-Malang with KA Malioboro Ekspres (Trip Review)

Tips Membuat Kue Bola-bola Keju Coklat | Mudah

Tukang Sol Sepatu Tua di Perempatan ITN Malang

Basa Jawa Kasar (Very-low Javanese Language)

Beragam Situs Peninggalan Sejarah di Malang Raya

Blusukan Candi-candi di Sleman (Part 2)